Menggunakan Google Maps secara Offline, Bagaimana Caranya?

HHampir seluruh orang tentu pernah menggunakan software Google Maps. Aplikasi tersebut dapat dibilang sebagai di antara layanan Google yang sering dipakai pada perlengkapan Android. Aplikasi Google Maps benar-benar sangat menolong kehidupan sehari-hari, khususnya untuk Anda yang tidak jarang bepergian jauh. Dengan menggunakan software Google Maps, kita tidak perlu khawatir tersesat karena perangkat lunak tersebut bisa mencari tempat yang kita inginkan, meskipun di wilayah antah berantah sekalipun.
Google Maps Android sendiri ialah aplikasi perlengkapan Android, dimana guna menggunakan software peta terbaik ini Anda mesti terlebih dahulu data perlengkapan (internet) di perlengkapan Android sebagai aksesnya diaktifkan. Sayangnya, software yang satu ini tergolong software yang tidak sedikit menyita kuota kita karena software ini akan memperlihatkan peta di semua pelosok Indonesia. Apalagi andai Anda memakai fitur zoom, otomatis kuota yang dipungut pun menjadi jauh lebih besar. Satu-satunya teknik untuk menghindari urusan tersebut ialah dengan menggunakan software Google Maps secara offline.
Untungnya, kita dapat memakai Google Maps secara offline. Dan urusan ini adalah suatu urusan yang paling memungkinkan untuk dilaksanakan jika kita merasa perlu mencapai sebuah rute tertentu atau memahami di mana kita berada ketika Anda tidak dapat menggunakan Wi-Fi atau kehabisan data seluler. Dengan dapat mendownload peta secara offline dapat dibilang adalah fitur yang paling praktis. Berikut teknik menggunakan Google Maps secara offline.

Satu urusan yang mesti dilaksanakan untuk memakai Google Maps secara offline ialah Anda mesti menggunakannya secara online terlebih dahulu guna menyimpan data yang dibutuhkan. Jika kita telah tahu bakal hal itu, maka saya dan anda bisa memulai proses mendownload peta:

  • Buka Google Maps (saat online) dan cari lokasi yang Anda inginkan.
  • Setelah menemukan lokasi/area yang Anda inginkan, cara termudah untuk menyimpannya nanti adalah dengan masuk ke menu opsi dengan mengetuk ikon tiga garis (hamburger) dan menekan Area offline.
  • Selanjutnya, ketuk simbol plus atau tambahkan di kanan bawah layar dan Anda akan diberi pertanyaan dengan pesan yang bertuliskan “Unduh area ini?”
  • Tarik peta di dalam kotak bujur sangkar sampai melingkupi area yang Anda inginkan. Jepit ke zoom (taruh dua jari di layar dan satukan keduanya) untuk menutup area yang Anda inginkan. Gerakkan jari Anda ke arah yang berlawanan untuk memperbesar dan mencakupi area yang lebih luas.
  • Setelah Anda merasa cocok dan puas dengan area peta, tekan Unduh.
  • Anda akan diminta untuk memberi nama daerah peta yang Anda unduh barusan. Ketik di kotak yang muncul.
  • Setelah mengunduh peta ke perangkat Anda, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetuk ikon menu di kiri atas halaman utama Maps dan kembali ke Area offline, di mana Anda sekarang dapat melihat area yang baru saja Anda unduh.

·         Keterbatasan Maps offline

· Ada sejumlah keterbatasan pada fitur maps offline, terutama tentang ukuran tempat yang kita cari. kita tidak dapat mengunduh peta, katakanlah, semua Indonesia: kotak yang kita gambar di dekat area yang Anda mau mempunyai ukuran yang terbatas, dan tidak mungkin mendownload apapun yang memakan lebih dari selama 1,5 GB ruang penyimpanan.

· Peta Google yang diunduh ingin memerlukan cukup tidak sedikit ruang penyimpanan guna mengakomodasi semua informasi terperinci yang mereka sediakan, jadi usahakan perlengkapan Anda tersambung ke Wi-Fi sebelum menguduh seluruh peta yang kita butuhkan. Di samping itu, peta yang kita unduh akan ditabung selama 30 hari dan sesudah ini dihapus secara otomatis, jadi tidak boleh anggap bahwa sekali Anda mendownload peta mereka bakal bertahan selamanya.

· Demikian ialah langkah-langkah simpel untuk menggunakan software Google Maps secara offline. Semoga dengan memanfaatkan tips berikut bisa menghemat pemakaian kuuota ketika sedang memanfaatkan software Google Maps. Selamat bekarya.